Pariwisata

Raja Ampat : Destinasi Wisata Laut Yang Terkenal Keindahannya

Raja Ampat merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Papu Barat. Kabupaten ini memiliki empat pulau besar yaitu Pulau Waigeo, Batanta, Salawati, dan Misool. Selain itu ada juga 1.847 pulau kecil yang ada di Raja Ampat. Menurut penjelasan dalam indonesia.travel, nama Raja Ampat berasal dari legenda masyarakat setempat. Dahulu diyakini ada seorang wanita yang menemukan tujuh telur. Empat telur diantaranya menetas dan menjadi raja yang berkuasa di empat pulau besar.

Baca juga : Wisata Danau Toba : Danau Terbesar di Indonesia

Tempat Wisata Raja Ampat

Di awal sudah sempat disinggung bahwa Raja Ampat memiliki beberapa gugus pulau besar dan kecil. Maka tak heran jika tempat wisata ini memiliki beberapa destinasi andalan yang dapat Anda kunjungi. Berikut ini tempat-tempat di Raja Ampat yang indah dan unik :

1. Bukit Pianemo

Bukit pianemo merupakan tempat yang banyak dikunjungi wisatawan yang datang ke Raja Ampat. Untuk sampai ke atas bukit, Anda harus mendaki ratusan anak tangga. Sehingga pastikan Anda menyiapkan fisik yang kuat. Namun tenang rajasgptoto saja, karena di area anak tangga tersedia pondok kecil untuk istirahat sejenak.

Tak hanya pondok istirahat sepanjang perjalannya, fasilitas lain juga tersedia di atas bukit. Di sana terdapat balkon yang menghadap gugus Pulau Karst. Perjalanan panjang dan melelahkan terbayar dengan pemandangan indah dari atas bukit.

2. Pulau Rufas

Pulau Rufas terletak di dekat Bukit Pianemo. Di pulau ini terdapat laguna yang indah. Warna air di laguna ini toska cerah dan pasir berwarna putih yang ada di tepinya. Pasir putih lembut, dilengkapi ikan kecil yang ada di pinggir laguna membuat pemandangan pulau ini sangat indah.

3. Pulau Wayag

Pulau ini terletak di Desa Waigeo Barat, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Pulau ini terkenal dengan warna air lautnya yang unik. Air laut di pulau ini berwarna biru muda dan biru tua. Perbedaan warna tersebut tergantung dari kedalamannya.

4. Pulau Salawati

Pulau Salawati merupakan salah satu dari empat pulau besati di Raja Ampat. Luasnya mencapai 1.623 km persegi. Pulai ini memiliki hutan sagu yang lebat hampir tiga per empat dari luas Pulau Salawati. Pohon sagu tersebut tumbuh liar tanpa sengaja di tanam.

5. Pulau Misool

Pulau besar lainnya yang ada di Raja Ampat yaitu Pulau Misool. Pulau ini berbatasan langsung dengan Laut Seram dan perairan laut lepas yang menjadi lalu lintas hewan besar termasuk paus. Pulau ini memiliki air yang jernih dan taman laut yang menakjubkan. Pada bagian barat dan timur pantai terdapat kepulauan batu karang yang menambah indah pantai Pulau Misool.

6. Pulau Kri

Pulau ini menjadi spot penyelaman terbaik di Raja Ampat. Letaknya di Desa Yenbuba, di Distrik Meos Mansar, Kabupaten Raja Ampat, Papu Barat. Pulau Kri memiliki keindahan laut dan biotanya. Tempat wisata ini menjadi lokasi snorkeling dan menyelam yang indah. Ombaknya juga tenang, sehingga cukup aman untuk aktivitas air. Airnya sangat jernih sehingga Anda bisa menikmati pemandangan bawah laut dengan jelas.

Berapa Biaya ke Raja Ampat?

Sebagai tempat wisata yang indah tentu banyak orang yang ingin berkunjung ke pulau ini. Pertanyaan yang sering muncul saat ingin berwisata ke tempat baru yaitu terkait biaya yang harus dikeluarkan. Biaya ke Raja Ampat setiap orang tentu tidak sama. Setiap orang memiliki rincian biaya liburannya masing-masing. berikut ini kisaran biaya ke Raja Ampat.

  • Biaya transportasi Jakarta – Sorong: Rp3.000.000 – Rp6.000.000.
  • Biaya transportasi laut Sorong – Waisai: Rp130.000.
  • Biaya transportasi darat: Rp15.000 – Rp100.000.
  • Tarif masuk ke Raja Ampat: Rp500.000/orang untuk wisatawan lokal dan Rp1.000.000/orang untuk wisatawan mancanegara.
  • Biaya penginapan: Rp250.000 – Rp400.000.
  • Biaya transportasi antar pulau: Rp6.000.000 – Rp13.000.000.
  • Biaya konsumsi: Rp20.000/porsi.

Rincian biaya di atas hanyalah estimasi. Kebutuhan biaya setiap orang tentu berbeda. Anda bisa terlebih dahulu membuat rincian sebelum berlibur ke Raja Ampat.

admin

Recent Posts

15 Destinasi Wisata Terbaik di Jerman

15 Destinasi Wisata Terbaik di Jerman - Jerman adalah negara slot qris yang kaya akan…

2 minggu ago

Jenis-Jenis Tempat Wisata yang Menarik di Indonesia

Wisata Indonesia adalah kekayaan luar biasa dari segi alam, budaya, dan sejarah. Dari keindahan pantai-pantai…

2 minggu ago

5 Universitas Hukum Terbaik Di Indonesia

5 Universitas Hukum Terbaik Di Indonesia - Jurusan hukum merupakan salah jurusan yang memiliki banyak…

4 minggu ago

Mengungkap Pesona Hanko: Objek Wisata Terfavorit Finlandia

Mengungkap Pesona Hanko: Objek Wisata Terfavorit Finlandia - Finlandia, negara Nordik yang terkenal dengan keindahan…

1 bulan ago

Menyelusuri Keindahan Objek Wisata Terfavorit di Pisa Italia

Menyelusuri Keindahan Objek Wisata Terfavorit di Pisa Italia - Pisa, sebuah kota yang indah dan…

2 bulan ago

Rekomendasi Sekolah Pariwisata di Indonesia Yang Wajib Anda Tau

Rekomendasi Sekolah Pariwisata di Indonesia Yang Wajib Anda Tau - Jurusan pariwisata slot deposit 10…

2 bulan ago