Gunung Rinjani adalah gunung yang berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung yang merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 mdpl serta terletak pada lintang 8º25′ LS dan 116º28′ BT ini merupakan gunung favorit bagi pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya. Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki luas sekitar 41.330 ha dan ini akan diusulkan penambahannya sehingga menjadi 76.000 ha ke arah barat dan timur. Secara administratif gunung ini berada dalam wilayah tiga kabupaten: Lombok Timur, Lombok Tengah, dan Lombok Utara.

Baca juga : Gunung Semeru

Objek Wisata Gunung Rinjani

1. Padang Savana Sembalun Lawang

Pesona pertama dari Gunung Rinjani adalah Padang Savana Sembalun Lawang. Sembalun lawang merupakan jalur pendakian Gunung Rinjani yang sangat cocok bagi pemula. Di titik awal dari jalur pendakian ini, para pendaki memulai pendakian dari Savana Sembalun Lawang. Sembalun Lawang menyuguhkan pemandangan khas savana yang menakjubkan dengan panjang sekitar 6 km perjalanan bagi pendaki. Sejauh mata memandang, savana ini didominasi dengan rerumputan yang tumbuh menjulang dengan ketinggian mencapai 1 hingga 1,5 meter.

2. Plawangan Sembalun dan Romantisme Sunset

Plawangan Sembalun merupakan sebuah lokasi yang cukup luas dan biasanya digunakan sebagai tempat bermalam bagi para pendaki Gunung Rinjani. Selain lokasinya yang cukup landau dan rata, tempat ini dipilih sebagai lokasi untuk mendirikan tenda karena ia menghadap langsung ke Segara Anak. Di sini, para pendaki bisa beristirahat untuk memulihkan tenaga dan stamina untuk kemudian melanjutkan pendakian menuju puncak Rinjani. Pada saat sore tiba, jangan sampai melewatkan pemandangan sunset dari daerah sekitar Plawangan Sembalun ini ya.

3. Segara Anak

Siapa sih yang tidak tahu dengan Ranu Kumbolo di Semeru? Danau yang keindahannya mendunia itu menjadi rebutan jutaan mata dan lensa kamera para wisatawan yang melewatinya. Tak jarang juga banyak pengunjung yang rela menempuh perjalanan jauh hanya untuk singgah dan bermalam di tengah kesunyiannya. Nah, ada alternatif lainnya yang bisa Anda kunjungi selain Ranu Kumbolo yang ada di Gunung Semeru. Anda bisa mencoba untuk singgah ke Segara Anak. Segara Anak ini merupakan wisata danau anti mainstream yang instagramable di kawasan Gunung Rinjani. Warna airnya yang jernih ditambah dengan pemandangan sekeliling danau yang asyik membuat siapapun tak jemu memandangnya.

4. Gunung Batu Jari

Pesona dari Gunung Rinjani adalah Gunung Batu Jari. Gunung Batu Jari ini sering juga disebut sebagai Gunung Anak Rinjani. Gunung merupakan gunung baru yang terletak di kaldera sebelah timur kawasan wisata. Gunung Batu Jari terbentuk pada tahun 1944 dengan lebar kawah sekitar 170 m dan panjang 200 m, sedangkan untuk ketinggiannya mencapai 2.296 hingga 2.376 mdpl.

5. Puncak Rinjani

Salah satu tujuan utama dari mendaki gunung adalah menikmati sensasi puncaknya. Ya tentu saja demikian, dan perlu kita ketahui bersama bahwa setiap puncak memiliki sensasi yang berbeda. Begitu pula dengan puncak situs wisata ini yang juga disebut sebagai puncak Anjani

admin

Recent Posts

Rekomendasi Tempat Wisata Alam Di Kalimantan

Rekomendasi Tempat Wisata Alam Di Kalimantan - Kalimantan merupakan salah satu pulau terbesar di Indonesia…

1 minggu ago

15 Destinasi Wisata Terbaik di Jerman

15 Destinasi Wisata Terbaik di Jerman - Jerman adalah negara slot qris yang kaya akan…

1 bulan ago

Jenis-Jenis Tempat Wisata yang Menarik di Indonesia

Wisata Indonesia adalah kekayaan luar biasa dari segi alam, budaya, dan sejarah. Dari keindahan pantai-pantai…

1 bulan ago

5 Universitas Hukum Terbaik Di Indonesia

5 Universitas Hukum Terbaik Di Indonesia - Jurusan hukum merupakan salah jurusan yang memiliki banyak…

1 bulan ago

Mengungkap Pesona Hanko: Objek Wisata Terfavorit Finlandia

Mengungkap Pesona Hanko: Objek Wisata Terfavorit Finlandia - Finlandia, negara Nordik yang terkenal dengan keindahan…

2 bulan ago

Menyelusuri Keindahan Objek Wisata Terfavorit di Pisa Italia

Menyelusuri Keindahan Objek Wisata Terfavorit di Pisa Italia - Pisa, sebuah kota yang indah dan…

2 bulan ago